Langsung ke konten utama

Posisi Mahasiswa Pada Pilkada Aceh 2017





Oleh Andi Kurniawan
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah, Sekjend di Jaringan Intelektual Muda Islam (JIMI) Berdomisili di Banda Aceh

Pilkada Aceh 2017 yang berlangsung beberapa bulan Februari 2017 ini menjadi pesta demokrasi kali ke 3 di bumi Aceh. Ajang 5 tahun-an ini merupakan butir dari UUPA di antara banyaknya butir-butir penting lainnya yang harus dilaksanakan sebagai wujud perdamaian yang menyejahterakan rakyat, termasuk mahasiswa. Oleh sebab itu, mahasiswa harus ikut berperan.

Bagaimana mahasiswa seharusnya mengambil peran dalam menyikapi segala persoalan yang timbul dalam perjalanan proses pilkada Aceh. Apakah dengan masuk ke dalam salah satu timses, atau menonton saja sambil berkomentar di warung kopi?

Mahasiswa adalah manusia terdidik dalam lingkungan Perguruan Tinggi. Keseharian kita berteman dengan masalah, sehingga sering bermusuhan dengan pembuat kebijakan yang menindas kaum yang langsung kepada pengambil kebijakan yang menyejahterakan rakyatnya.

Kekuatan kita adalah persatuan yang merujuk pada sila ke 3 Pancasila, yaitu Persatuan Indonesia. Bersatu menjadikan mahasiswa, semakin matang dalam membangun pergerakan di kampus. Pergerakan di sini, jangan dipandang untuk menyerang Rektorat, Dekan bahkan menjatuhkan Presiden. Bukan mahasiswa tidak mampu, tetapi jika semuanya berjalan sesuai dengan amanah dan fungsi, tak perlu menghabiskan energi untuk itu. Pergerakan di sini, kita maksudkan mendalami berbagai disiplin ilmu pilihan. Sesekali kita bersatu untuk mendiskusikan suatu topik yang dapat dikaji dari berbagai disiplin ilmu berbeda.

Bukankah ilmuan Islam abad ke-8 s.d 11 M, seperti Al- Farabi, Al-Ghazali, Ibnu Haitham, Ibnu Rusyd dan Ibnu Sina serta yang lainnya itu menguasai lebih dari satu disiplin ilmu?. Abu Ali Muhammad al-hassan Ibnu Al haitam adalah seorang Ilmuan Islam yang ahli dalam bidang Sains, Falak, matematika, geometri, pengobatan, dan filsafat. Beliau dilahirkan di Basrah pada tahun 354 H atau 965 M. Kecintaan beliau kepada ilmu pengetahuan menggerakkannya untuk berhijrah ke Mesir. Tokoh-tokoh pemikir tersebut patut dicontoh oleh mahasiswa yang akan menjadi cikal bakal ilmuan Indonesia nantinya.

Dari perjalanan sejarah hidup tokoh tersebut, dapat kita ambil pelajaran untuk kita yang hidup di zaman saat ini. Kita hanya perlu meneruskan apa yang sudah dimulai oleh mereka. Dengan membuka diskusi ringan yang bermodalkan uang Rp. 20.000 untuk membeli kopi dan pisang goreng, sudah cukup mengenyangkan perut dan menyegarkan pikiran. Hal ini jika dilakukan secara terus menerus dengan tujuan pendalaman ilmu pengetahuan dan bersifat independen serta terbuka tentu banyak manfaatnya.

Selain mampu mengimbangi kelompok yang ingin meracuni pikiran mahasiswa untuk terjun kepada even 5 tahun-an Pilkada. Ditambah tawaran yang menggiurkan pasca selesai kuliah akan ditempatkan pada instansi pemerintah dengan posisi yang strategis dan bagi yang ingin melanjutkan studi disediakan kendaraan beasiswa. Secara tidak langsung KKN telah tertanam dan akan mengakar dalam diri tunas bangsa. Bukan tidak boleh berpolitik. Kampus malah menyediakan ladang bagi mahasiswa untuk menerima pendidikan politik. Akan tetapi bukan politik praktis.

Ah barangkali itu hanya pikiran buruk saya saja. Dengan semakin maju teknologi dan perkembangan media sosial serta pengguna smartphone, tentu semua menjadi serba mudah. Tahapan publikasi dan penyebaran informasi diskusi berjalan dengan cepat. Referensi yang dibutuhkan seketika hadir dengan mengakses di google. Tak ada alasan bagi kita untuk tidak memulainya. Kecuali tidak didasari dengan niat memperdalam ilmu pengetahuan. Seperti sabda rasulullah, “ Menuntut Ilmu diwajibkan atas orang islam laki-laki dan perempuan”. Maka itu baik orang yang berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan .

Masyarakat pada umumnya masih menaruh harapan yang besar terhadap kita, di mana saat banyaknya kelompok yang memanfaatkan keluguan masyarakat demi kepentingan pribadi dan kelompok. Saat inilah peran mahasiswa sebagai kaum terpelajar untuk berada di tengah masyarakat guna membantu mereka agar terlepas dari keluguan tersebut. Bukan masyarakat tak pintar memilah mana yang baik dan buruk, namun kecurangan dalam mengambil jalan pintas pada faktanya selalu merugikan masyarakat. Kita menjaga agar masyarakat tidak trauma akan hal yang demikian itu.

Inovasi diskusi lainnya sesekali juga bisa dilakukan dengan membuka diskusi pada sebuah grup di medsos, bahkan hal ini sudah berlangsung jauh-jauh hari. Dengan menetapkan jadwal pertemuan, peraturan diskusi dan yang terpenting ada yang memandu diskusi, sehingga menjadi terarah. Metode ini sepertinya tidak cocok bagi mahasiswa, karena kita memiliki banyak waktu kosong. mahasiswa lebih banyak menghabiskan di warung kopi dan tempat tongkrongan lainnya. Sekali lagi bukan tak boleh, tapi jika satu jam saja waktu tersebut digunakan untuk berdiskusi akan membawa perubahan bagi dirinya sendiri dan orang lain.

Perubahan itu sejatinya harus dimulai dari diri sendiri, dengan mulai membuat peraturan-peraturan dengan diri sendiri agar mampu menstabilkan diri. Karena manusia selain memiliki akal untuk berpikir, juga hati dalam pengambilan keputusan. Keduanya harus diseimbangkan dalam pemenuhan nutrisinya. Jika akal sudah kita isi dengan kajian diskusi, maka hati juga butuh disirami dengan beramal.

Diskusi-diskusi yang dilakukan mahasiswa diharapkan berbuah nyata dalam aplikasinya di lingkungan sekitarnya dengan diniatkan hasil karya tersebut bermanfaat bagi orang lain, sehingga menjadi amal. Dengan begitu antara akal dan hati dapat seimbang.

Sehinngga kita mahasiswa menjadi orang yang tercerdaskan dan mampu mencerdaskan orang sekitar. Dalam menghadapi pilkada yang tinggal menghitung hari, kita sudah siap dengan segala konsekwensi atas tindakan yang kita ambil tentu atas pertimbangan dari diskusi antara akal dan hati, baik itu masuk ke dalam salah satu timses, paslon gubernur/walikota/bupati ataupun hanya menonton saja sambil berkomentar di warung kopi. Jika ada pilihan lain yang diambil berarti anda lebih cerdas dari saya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi Guru- Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Banda Aceh

Dalam Rangka Memperingati Hari Guru   Canda Tawa Oleh  Dahrina,M,S.Sg.MA   Panggilan suara hati Menerjang segala penjuru Betabur butiran  resah dalam pandemi  Kemana muaranya dunia pendidikan   Tersungkur kaku aku dalam lamunan Terkontaminasi jiwa dalam keraguan Pikirku mulai menerawang Akan kah pandemik ini bisa kulawan   Aku memang tidak punya kuasa Tapi Allah Maha di atas segalanya Aku lemah dalam berlogika Tapi Allah Nyata adanya   Kini.... Derap langkah siswaku kembali terdengar Guruku kembali mengajar Canda tawa siswaku berbalut persahabatan Ada guru yang membimbing dengan balutan karakter budiman   Guru mari kita bersama ciptakan suasana baru  Wujudkan merdeka belajar  Negeri ini menantimu dalam karya yang terus dikenang   Baying-Bayang Pandemi Komite MIN 11 Banda Aceh    Hari ini terasa berbeda dengan tahun-tahun yang lalu Hari ini kita rayakan hari guru dengan sangat sederhana Tapi janganlah terperanjat dengan kesederhanaanya Syukurilah apa yang sudah di takdirkan Allah    Har

Tingkatkan Budaya Baca, Dispersa Kota Banda Aceh Bina Pustaka Sekolah dan Gampong

Banda Aceh - Pemerintah Kota Banda Aceh melalui program pengembangan minat dan budaya baca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh berupaya untuk terus meningkatkan minat baca masyarakat di Kota Banda Aceh. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh Alimsyah, S. Pd, MS melalui Sekretaris Dinas Amir mengatakan bahwa beberapa strategi dan upaya yang dilakukan yakni memberikan pembinaan kepada pustaka sekolah-sekolah dan gampong-gampong. "Yang dibina bukan hanya pustaka sekolah, dan pustaka gampong. Kita juga bina pustaka rumah sakit, pustaka di masjid-masjid dan di tempat-tempat publik, seperti pojok baca di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Banda Aceh," jelasnya saat ditemui pasa Selasa, (17/6/2020) Selain itu jelasnya, pihaknya juga memberikan kemudahan dalam bentuk pelayanan pustaka keliling ke gampong-gampong atau sekolah-sekolah. "Untuk mendatangkan pustaka keliling ke sekolah atau gampong bisa masukkan surat ke dinas kita. Akan kita layani jika t

Peringati Hari Ibu, Kantor PPKB Banda Aceh Gelar Seminar Parenting

    Banda Aceh - Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-88 2016, Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Banda Aceh menggelar seminar parenting bertajuk “Menjadi Ibu Profesional”.    Menghadirkan ahli parenting nasional Septi Peni Wulandani yang juga pimpinan Institut Ibu Profesional (IIP) Jakarta sebagai pembicara utama, acara ini diikuti oleh ratusan kaum perempuan dari berbagai kalangan di Aula Lantai IV, Gedung A, Balai Kota Banda Aceh, Selasa (29/11/2016). Di antara tamu undangan terlihat hadir Ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadillah, Ketua DWP Banda Aceh Buraida Bahagia, para pejabat di lingkungan Pemko Banda Aceh, Ketua Balee Inong se-Banda Aceh, dan sejumlah tokoh perempuan lainnya. Kepala Kantor PPKB Banda Aceh Badrunnisa menyebutkan peringatan Hari Ibu ke-88 2016 mengusung tema “Kesetaraan Perempuan dan Laki-laki untuk Mewujudkan Indonesia Bebas dari Kesenjangan Ekonomi, Kekerasan, dan Perdagangan Orang.” Pihaknya, sebut Badrunnisa, terus ber