Langsung ke konten utama

Ayo Ikut Rasulullah Jadi Seorang Entrepreneur





Oleh Riska Awalia 
Mahasiswi Prodi Perbankan Syariah, FEBI, UIN Ar Raniry, Banda Aceh.

Mendengar kata “entrepreneur” yang sudah tidak asing lagi kita dengar, tetapi sebagian orang mengatakan “menjadi entrepreneur itu tidak keren”.
Ooooohhhh No
Apa yang kamu pikirkan teman?
Pernahkah kamu berfikir bahwa Rasulullah saw saja bekerja sebagai entrepreneur?

            Kamu kuliah,  ingin menjadi orang yang terpandang, punya jabatan tinggi.
Ya, hanya satu yang terpikirkan olehmu menjadi pegawai adalah seseorang yang sudah wooowww bangat, bagi kamu!
Dengan penghasilan yang tetap kamu sudah merasa hebat. Duduk diam bergoyang kaki di atas kursi, ibaratnya singgasana.

            Mungkin ya....
Kamu hebat hanya untuk diri mu sendiri, sebab kamu hanya medapatkan satu pintu rezeki saja. Kamu memandang rendah entrepreneur karena tidak mempunyai titel yang sama denganmu, tapi sadarkah kamu bahwa dia bisa lebih hebat darimu?

            Seorang entrepreneur  bukan hanya hebat untuk dirinya sendiri, tetapi bisa hebat untuk orang lain juga, karena ia mampu memciptakan lapangan kerja, bukan hanya untuk dirinya saja, tetapi untuk orang lain juga. Sebagaimana kita ketahui dalam sabda Rasulullah saw:
Yang artinya : ”Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

            Rasullulah saw mengatakan 9 dari 10 pintu rezeki itu ada dalam perdagangan. Jatuh bangun itu biasa, intinya teruslah belajar. Tidak ada orang yang kaya mendadak ibarat menemukan harta karun. Semua orang sukses, telah mengalami kepahitan dalam mengapai kesuksesannya.
            Di sini ada beberapa cara untuk bisa menjadi entrepreneur. Pertama,  jadilah seseorang yang cekatan dan optimis. Dan apa bila kamu termasuk  orang-orang yang sudah berumur, maka berpenampilanlah seperti layaknya anak muda, agar kamu tidak kelihatan tuanya, karena uban uban itu akan  datang tanpa diundang ibaratnya seperti  jelangkung.
Ahahahaha horor banget yaaa.

Hemmmm,JJJ
Kita bisa  lihat contohnya seperti bapak Tabrani Yunis, dia adalah seorang dosen kewirausahaan di UIN Ar-raniry.
Naahh,,,,,
Coba kalian bisa  lihat bagaimana ia berpenampilan?
Sudah pasti kalian akan menebak bahwa umurnya belum sampai 50-an.
Sebab penampilannya keren  habis cuuyyy, ya seperti anak mahasiswa jugaJ
Sudah tua sih, tapi masih kelihatan muda.....
            Nah, bagi kalian yang sudah berumur bisa coba berpenampilan seperti bapak Tabrani Yunis J

Kedua, bergaulah dengan orang-orang  yang kaya, agar kamu bisa ketularan  kaya jugaJ, tapi artian di sini bukan maksudnya materi ya guys.........
Tetapi bergaul lah dengan orang –orang yang sukses dan berakhlak mulia serta yang  mempunya sejuta pengalaman yang luar biasa...........
ya seperti kata orang-orang “baik hati dan tidak sombang”
Dan seperti di dalam hadist Rasulullah shallahu’alaihi wa sallam, 
Yang artinya : ”Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk
ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

Maka dari itu bertemanlah dengan orang-orang yang bisa membawamu kepada kesuksesan, bukan hanya di dunia saja, tetapi di akhirat juga.

Ketiga, rajinlah berdo’a. Perbanyaklah bersedekah walaupun kita miskin, agar kita tidak menganggap bahwa uang adalah segalanya dalam fikiran kita. 
Ya ini berarti jika kita sukses nanti jangan lupakan orang-orang yang ada di bawah ya guys.

Keempat, mulailah melakukan bisnis nyata (ril). Cobalah untuk masuk ke dalam dunia bisnis secara langsung. Karena Rasulullah saw mengatakan 9 dari 10 pintu rezeki itu ada dalam perdagangan. Jatuh bangun itu bukanlah sebuah masalah, teruslah beajar untuk mengapai apa yang kita inginkan. Memang ketika kita melakukan bisnis kita tidak akan langsung sukses/kaya sudah pasti kita akan merasakan pahitnya kegagalan itu. Gagal pertama, gagal kedua, gagal ketiga, gagal  keempat, dan seterusnya jangan pernah putus asa teruslah mencoba. Jangan pernah histeris ketika dilanda kerugian, teruslah belajar karena kita tidah tahu kapan saatnya kita dipertemukan dengan keberhasilan itu. 
            
Jangan pernah merasa lemah karena kita semua bisa bangkit, hidup ini bagaikan roda berputar terkadang di bawah dan terkadang di atas.
Berputar-berputar-berputar dan terus berputar.
Ya beginilah hidup ini teman.

Sebagaiman firmah Allah SWT:
Yang artinya :  “maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan . maka apabila enggau telah selesai ( dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain), dan hanya kepada tuhanmulah kamu berharap”. (QS : Al- Insyirah Ayat 5-8)
Adapun maksud dari kandungan surah tersebut adalah:
Ayat 5-6, Allah menyatakan bahwa di setiap kesulitan akan datang kemudahan. Allah menyampaikan hal tersebut untuk memberi motivasi kepada nabi Muhammad dan hamba- hamba-Nya bahwa tidak ada kesulitan yang tidak teratasi selama manusia memiliki semangat untuk keluar dari kesulitan dan selalu bertakwa kepada Allah swt. Ayat 7, Allah mengingatkan kepada nabi Muhammad dan umatnya agar tidak cepat puas dengan hasil usahanya dan mengingatkan apabila telah menyelesaikan suatu urusan,  maka segera lah untuk menyelesaikan urusan yang lain.Ayat 8, Allah mengingatkan kepada nabi Muhammad dan umatnya agar senantiasa bersandar dan mohon pertolongan hanya kepada Allah. Jika tidak berarti orang tersebut disebut dengan kafir 


   Nah, yang perlu kita ingat adalah “bahwa usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil:. ;-) 

            “Never give up, keep trying”
                        ;-) ;-) ;-)

            
            


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi Guru- Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Banda Aceh

Dalam Rangka Memperingati Hari Guru   Canda Tawa Oleh  Dahrina,M,S.Sg.MA   Panggilan suara hati Menerjang segala penjuru Betabur butiran  resah dalam pandemi  Kemana muaranya dunia pendidikan   Tersungkur kaku aku dalam lamunan Terkontaminasi jiwa dalam keraguan Pikirku mulai menerawang Akan kah pandemik ini bisa kulawan   Aku memang tidak punya kuasa Tapi Allah Maha di atas segalanya Aku lemah dalam berlogika Tapi Allah Nyata adanya   Kini.... Derap langkah siswaku kembali terdengar Guruku kembali mengajar Canda tawa siswaku berbalut persahabatan Ada guru yang membimbing dengan balutan karakter budiman   Guru mari kita bersama ciptakan suasana baru  Wujudkan merdeka belajar  Negeri ini menantimu dalam karya yang terus dikenang   Baying-Bayang Pandemi Komite MIN 11 Banda Aceh    Hari ini terasa berbeda dengan tahun-tahun yang lalu Hari ini kita rayakan hari guru dengan sangat sederhana Tapi janganlah terperanjat dengan kesederhanaanya Syukurilah apa yang sudah di takdirkan Allah    Har

Tingkatkan Budaya Baca, Dispersa Kota Banda Aceh Bina Pustaka Sekolah dan Gampong

Banda Aceh - Pemerintah Kota Banda Aceh melalui program pengembangan minat dan budaya baca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh berupaya untuk terus meningkatkan minat baca masyarakat di Kota Banda Aceh. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh Alimsyah, S. Pd, MS melalui Sekretaris Dinas Amir mengatakan bahwa beberapa strategi dan upaya yang dilakukan yakni memberikan pembinaan kepada pustaka sekolah-sekolah dan gampong-gampong. "Yang dibina bukan hanya pustaka sekolah, dan pustaka gampong. Kita juga bina pustaka rumah sakit, pustaka di masjid-masjid dan di tempat-tempat publik, seperti pojok baca di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Banda Aceh," jelasnya saat ditemui pasa Selasa, (17/6/2020) Selain itu jelasnya, pihaknya juga memberikan kemudahan dalam bentuk pelayanan pustaka keliling ke gampong-gampong atau sekolah-sekolah. "Untuk mendatangkan pustaka keliling ke sekolah atau gampong bisa masukkan surat ke dinas kita. Akan kita layani jika t

Peringati Hari Ibu, Kantor PPKB Banda Aceh Gelar Seminar Parenting

    Banda Aceh - Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-88 2016, Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Banda Aceh menggelar seminar parenting bertajuk “Menjadi Ibu Profesional”.    Menghadirkan ahli parenting nasional Septi Peni Wulandani yang juga pimpinan Institut Ibu Profesional (IIP) Jakarta sebagai pembicara utama, acara ini diikuti oleh ratusan kaum perempuan dari berbagai kalangan di Aula Lantai IV, Gedung A, Balai Kota Banda Aceh, Selasa (29/11/2016). Di antara tamu undangan terlihat hadir Ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadillah, Ketua DWP Banda Aceh Buraida Bahagia, para pejabat di lingkungan Pemko Banda Aceh, Ketua Balee Inong se-Banda Aceh, dan sejumlah tokoh perempuan lainnya. Kepala Kantor PPKB Banda Aceh Badrunnisa menyebutkan peringatan Hari Ibu ke-88 2016 mengusung tema “Kesetaraan Perempuan dan Laki-laki untuk Mewujudkan Indonesia Bebas dari Kesenjangan Ekonomi, Kekerasan, dan Perdagangan Orang.” Pihaknya, sebut Badrunnisa, terus ber